18 | 04 | 2014
Publikasi

 
Berita Resmi Statistik
Grafik

Grafik Inflasi Provinsi NTT dan Nasional

 

Perkebunan

Daftar Tabel

Konsep dan Definisi

Untitled Document
  1. Perusahaan Perkebunan
    Perusahaan perkebunan adalah suatu perusahaan berbentuk badan usaha/badan hukum yang bergerak dalam kegiatan budidaya tanaman perkebunan diatas lahan yang dikuasai, dengan tujuan ekonomi/komersial dan mendapat izin usaha adri instansi yang berwenang dalam pemberian izin usaha perkebunan.
    Usaha budidaya tanaman perkebunan diluar bentuk badan usaha, seperti yang diusahakan perorangan tanpa izin usaha atau diusahakan oleh rumah tangga petani tidak termasuk dalam konsep ini dan biasanya disebut usaha perkebunan rakyat.

  2. Produksi Kebun
    Produksi kebun atau lazim disebut produksi primer adalah produksi/hasil yang dipanen dari usaha perkebunannya tanpa melalui proses pengolahan lebih lanjut.
    Contoh produksi kebun/produksi primer dari:
    • Perkebunan karet produksi primernya adalah Latex, Lumb
    • Perkebunan kelapa sawit produksi primernya adalah Tandan Buah Segar
    • perkebunan kakao produksi primernya adalah Buah Basah

  3. Produksi Olahan
    Pada umumnya perusahaan perkebunan mempunyai unit pengolahan sendiri sehingga produk yang dipasarkan sudah dalam bentuk barang hasil olahan. Produk olahan adalah produksi primer yang telah diolah menjadi suatu bentuk barang jadi atau barang setengah jadi, sehingga nilai ekonomisnya lebih tinggi.

  4. Kebun inti
    Kebun inti adalah kebun yang dibangun oleh perusahaan perkebunan dengan kelengkapan fasilitas pengolahan dan dimiliki oleh perusahaan perkebunan tersebut dan dipersiapkan menjadi pelaksana Perkebunan Inti Rakyat.

  5. Kebun Plasma
    Kebun plasma adalah kebun yang dibangun dan dikembangkan oleh perusahaan perkebunan (Kebun Inti), serta ditanami dengan tanaman perkebunan. Kebun plasma ini semenjak penanamannya dipelihara dan dikelola kebun inti hingga berproduksi. Setelah tanaman mulai berproduksi, penguasaan dan pengelolaannya diserahkan kepada petani rakyat (dikonversikan). Petani menjual hasil kebunnya kepada kebun inti dengan harga pasar dikurangi cicilan/angsuran pembayaran hutang kepada kebun inti berupa modal yang dikeluarkan kebun inti membangun kebun plasma tersebut.

 

 Artikel ini dibaca: 1914 kali
Indonesian English
Tautan

Info Lelang

Tidak ada berita lelang


 
Statistik Website
124138
Hari_IniHari_Ini321
KemarinKemarin392
Minggu_IniMinggu_Ini2130
Bulan_IniBulan_Ini8577
TotalTotal124138
54.211.138.180